Yamaha MT-09 Kena Pengaruh MT-10

Cologne, KompasOtomotif – ”Makeover” serius dilakukan Yamaha untuk MT-09 yang mejeng pada ajang Intermot 2016, di Cologne, Jerman. Naked bike yang juga dijual di Indonesia itu punya tampang baru dengan pengaruh yang kuat dari MT-10.

Coba lihat lampu depannya, sudah pakai mata ganda LED, dipadu dengan daytime running lights. Desain mirip dengan milik MT-10, lebih sangar dengan posisi yang menunduk. Di bagian belakang, Yamaha memperpendek buntut 30 mm yang menggelayut pada sub-frame.

Banyak ubahan lain, termasuk juga lampu belakang LED yang membentuk huruf ”M” saat menyala. Penampakan huruf ini tampak makin jelas jika dilihat dari atas. Lalu, jok lebih mendatar, sekaligus makin tinggi 5 mm.

Sepatbor belakang dan dudukan pelat nomor tak lagi menggantung pada sub-frame, namun dikaitkan dengan lengan ayun, macam mudguard atau undercowl. Sementara itu, ada semacam sirip pada radiator dan ada lubang udara lebih besar di samping tangki bahan bakar.

Yamaha Tak hanya tampang, proses perpindahan gigi juga makin cerdas berkat slipper clutch.

Panel instrumen dipindah lebih dekat dengan lampu utama. Knalpot juga berubah dengan permukaan yang lebih datar yang justru membuatnya makin cantik.

Tidak ada perubahan pada jantung pacu, namun Yamaha sudah menerapkan slipper clutch untuk mengurangi kehilangan torsi saat mengurangi gigi, serta membuat penambahan gigi makin responsif.

Yamaha menawarkan model ini dengan tiga warna, ”Race Blue”, ”Tech Black”, dan ”Night Fluo”. Warna disebut terakhir juga terinspirasi dari MT-10. Motor ini akan mulai dijual pada Desember tahun ini juga.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/06/161008615/yamaha.mt-09.kena.pengaruh.mt-10

Leave a Reply