Siapa Ladislao José Biro Yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

KOMPAS.com – Hari Kamis ini (29/9/2016), laman utama mesin pencari Google menampilkan doodle untuk memperingati hari lahir Ladislao Jose Biro ke-117.

Desain doodle kali ini menampilkan gambar tulisan Google yang ditulis menggunakan sebuah bolpoin. Ada animasi cara kerja bolpoin tersebut di bagian bawahnya.

Pertanyaannya, mengapa doodle hari ini menampikan desain seperti itu? Apa hubungannya Ladislao José Biro dengan bolpoin?

Ya, tebakan Anda benar. Ladislao José Biro, bersama dengan saudaranya, merupakan pencipta atau penemu pertama bolpoin, alat yang hingga kini dipakai oleh jutaan orang untuk menulis.

Ladislao José Biro, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Wikipedia, lahir di Budapest, Hungaria, pada 29 September 1899.

Di usia dewasanya, Ladislao José Biro bekerja sebagai jurnalis, pelukis, dan juga penemu.

Awal mula penciptaan bolpoin itu terjadi kala Ladislao José Biro merasa frustasi dengan pena yang ada pada zaman dulu.

Pena yang dimaksud terbuat dari bulu angsa. Untuk menggunakannya, pemakai harus mencelupkan ujung pena (bagian yang tajam, bukan bulu) ke tinta basah. Kelemahannya, penggunaan seperti ini sering merepotkan karena tinta mudah tercecer atau tumpah di atas kertas.

Baca juga: Siapa Samaun Samadikun yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kemudian, sebagai seorang wartawan, Ladislao José Biro sering pergi ke percetakan. Ia memperhatikan bahwa tinta yang digunakan dalam percetakan koran mampu mengering dengan cepat. Tinta pun tidak tercecer.

Bersama dengan saudaranya, Gyorgy Biro, seorang ahli kimia, membuat pena tipe baru yang dilengkapi bola kecil di bagian ujungnya. Bola tersebut bisa bebas berputar untuk mengambil tinta dari cartridge.

Lalu, tinta akan membasahi bola kecil yang mengalir secara kapiler dan menggelinding agar melekat di kertas.

Oleh karena ujungnya yang terbuat dari bola itulah, maka pena jenis baru itu dinamakan sebagai bolpoin.

Ladislao José Biro memamerkan purwarupa pertama bolpoin tersebut di ajang Budapest International Fair pada tahun 1931. Kemudian, ia mematenkan bolpoin pada tahun 1938.

Rancangan ini kemudian dipatenkan di Argentina pada 10 Juni 1943 dan dijual dengan merek Birome. Hingga saat ini, merek tersebut masih beredar di pasaran.

Ladislao José Biro tutup usia pada 24 November 1985 di umur 85 tahun.

Baca juga: Mengapa Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle?

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/09/29/07502697/siapa.ladislao.jos.biro.yang.jadi.google.doodle.hari.ini.

Leave a Reply