Restoran Instagramable Dengan Nuansa Meksiko Di Seminyak Bali

SEMINYAK, BALI – Siapa sangka, di daerah Seminyak, Bali terdapat sebuah restoran Meksiko yang terbilang maksimal dalam segi tata ruang dan juga penyajian makanan.

KompasTravel berkunjung ke Motel Mexicola yang terletak di Jalan Kayu Jati Nomor 9X, Seminyak, Bali, Selasa (27/9/2016). Meski mengambil nama motel sebenarnya Motel Mexicola adalah restoran yang menyajikan makanan rumahan Meksiko, bukan penginapan. 

Ketika memasuki Motel Mexicola, pengunjung akan disambut dengan ornamen khas Meksiko, yakni hiasan lelehan lilin beku dengan foto-foto tokoh Meksiko, dengan vas bunga dan bingkai segala bentuk. Seklias nampak seperti meja altar untuk berdoa orang Meskiko. 

Memasuki ruangan Motel Mexicola, pengunjung akan mendapati banyak meja panjang, meja sofa, dan juga meja bar. Tata ruang nampak berantakan ala Meksiko, tapi justru di sana keindahan yang ditampilkan, ketidakteraturan Meksko yang menarik hati.

Kompas.com/Silvita Agmasari Motel Mexicola, restoran dengan nuansa Meksiko di Seminyak, Bali.

Apalagi dengan penggunaan teralis besi, warna-warni ornamen yang semarak, serta detail interior yang semuanya ala Meksiko.

Dijamin membuat pengunjung ingin mengabadikan tiap sudut Motel Mexicola dan mengunggahnya ke media sosial.

Selain tata ruang ala Meksiko yang apik, Motel Mexicola juga menyajikan makanan rumahan ala Meksiko.

Menu makanan di Motel Mexicola diracik oleh Chef asal Inggris, Steven Skelly lewat pengalamannya bertualang rasa di negeri Meksiko langsung.

Kompas.com/Silvita Agmasari Guacamole, makanan pembuka yang juga cocok sebagai camilan pendamping minum khas Meksiko.

Beberapa menu yang KompasTravel rekomendasikan adalah Guacamole, camilan khas Meksiko dengan keripik jagung yang dicocol bumbu Pico de Gallo alias salsa ala Meksko dari tomat, bawang, daun ketumbar, perasan jeruk nipis, dan alpukat tumbuk. Rasanya ringan dan menyenangkan untuk menjadi makanan pembuka.

Ada pula De Cangrejo, camilan keripik jagung dengan toping mayonaise, alpukat, dan daging kepiting. De Cangrejo adalah salah satu menu favorit para pengunjung Motel Mexicola, tak heran karena rasanya memang nikmat, camilan ringan namun cukup mengenyangkan.

Lanjut ke menu utama, KompasTravel menjajal makanan dengan bahan dasar udang, bebek, dan domba. Camarones Oaxaca adalah udang panggang yang telah dibumbui dan disantap dengan salad tomat segar, nasi goreng ala Meksiko.

Rasa udang ini sangat mirip dengan udang bakar windu orang Indonesia. Selanjutnya ada Carnitas de Pato, yakni daging bebek panggag bagian dada yang dimakan bersama salad lobak, daun ketumbar, dan bawang bombay.

Kompas.com/Silvita Agmasari Carnitas de Pato, dada bebek panggang yang disajikan dengan saladdan roti tortila.

Rasanya sungguh nikmat, tak ada bau bebek yang amis menandakan metode memasak yang tepat. Perasan jeruk nipis meningkatkan rasa dan aroma makanan ini.

Terakhir ada daging domba marinated dengan saus manis. Menu ini terbilang menu baru, sehingga Anda harus bertanya pada pramusaji. Keunggulannya ada pada daging domba yang sangat lembut, lumat pada kunyahan pertama.

Semua makanan utama ini disajikan dengan roti tortila, sehingga menambah otentik makanan rumahan Meksiko ini. Seperti daging bebek dan domba, sangat cocok disantap dengan roti tipis ala Meksiko ini.

Kompas.com/Silvita Agmasari Tulang domba yang lembut dimasak dengan saus marinated manis

Untuk makanan penutup, ada Arroz Con Leche yang berarti nasi di dalam susu. Untuk memberi gambaran ini adalah puding nasi yang diberi susu, es krim vanila, dan bubuk cinnamon.

Bagi Anda pecinta makanan manis, rasanya pasti cocok. Sebab tingkat kemanisannya cukup tinggi.

Selanjutnya ada churros, kue asal Spanyol yang ditaburi gula bubuk dan dicocol dengan saus karamel.

Kuliner Meksiko memang mirip dengan kuliner Spanyol, sebab berhubungan dengan sejarah negara Meksiko yang dijajah Spanyol.

Kompas.com/Silvita Agmasari Pinguino, kue cokelat dengan cokelat mouse hangat dan es krim vanilla di Motel Mexicola.

Terakhir ada Pinguino yakni kue cokelat disajikan dengan mouse cokelat panas, dan es krim vanila. Bagi Anda pecinta cokelat, jangan lewatkan Pinguino, karena dari segi tekstur dan rasa, Pinguino penuh cokelat, dan kabar gembiranya menggunakan 66 persen cokelat, jadi rasanya tak begitu manis.

Untuk minuman, Motel Mexicola menyajikan ragam minuman alkohol. Tentunya tequila alias minuman alkohol khas Meksiko banyak diincar di sini.

Menariknya dalam sehari, selalu ada pembagian tequila gratis yakni pada pukul 20.00 dan 22.00. Pramusaji akan berkeliling membawa tequila gratis dengan semarak ala Meksiko.

Jika tak meminum alkohol, ada pula minuman seperti jus semangka yang disajikan bersama mint dan air kelapa. atau nanas dengan air kelapa. 

Secara keseluruhan makanan di Motel Mexicola sebanding dengan keindahan ruang serta harga yang ditawarkan. Harga makanan di Motel Mexicola dibanderol dari Rp 25.000 sampai Rp 200.000-an. Perlu dicatat beberapa menu makanan di Motel Mexicola juga mengandung babi.

Namun dari segi rasa, makanan Meksiko sangat mudah diterima oleh lidah orang Indoensia yang suka makanan berbumbu medok. Terlebih porsi yang disajikan cukup besar, sehingga sangat cocok untuk berbagi, layaknya makan di rumah keluarga Meksiko dengan susana hangat dan menyenangkan. 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/05/061700727/restoran.instagramable.dengan.nuansa.meksiko.di.seminyak.bali

Leave a Reply