Jangan Terlalu Berharap Freed Datang Lagi Ke Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif – Pengumuman Honda tentang peluncuran generasi terbaru Freed justru direspons dengan kabar buruk dari Indonesia. Honda Prospect Motor (HPM) tidak mau mengalihkan produksi lokal ke model All-New itu, dalam arti yang lain penjualan Freed di dalam negeri telah resmi dihentikan.

Berulang kali ditanya peluang Freed hadir lagi di Indonesia lewat generasi baru, pihak Honda Prospect Motor (HPM) terus menjawab belum mengambil keputusan. Skema impor dari Jepang pun diungkap belum memungkinkan oleh Marketing and Aftersales Service Director HPM Jonfis Fandy di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

“Memang kami tahu Freed mau keluar yang baru, tetapi sekarang kami sudah stop, enggak lagi jual. Yang baru pun kami belum ada rencana menjualnya,” ucap Jonfis.

Febri Ardani Honda New Freed pada IIMS 2014.

Keputusan itu, jelas Jonfis, memandang kebutuhan konsumen. Diakui banyak konsumen Honda berpaling dari Freed ke pilihan model baru yang dijual di rentang harga Rp 200 juta, yaitu Mobilio RS, BR-V, dan HR-V.

Tetap memproduksi lokal tetapi tidak bisa memenuhi volume produksi yang diinginkan sepertinya bukan pilihan HPM untuk Freed. Dalam catatan penjualan, Freed mulai jatuh pada 2014. Pada tahun itu HPM baru saja memulai menjual Mobilio, tren negatif juga berlanjut usai HR-V dan BR-V datang.

Selama ini produksi Freed acap kali dikesampingkan agar memberi jalan buat model lain yang lebih digemari mengejar permintaan. Level produksi untuk menjaga stok unit semakin lama menyusut. Produksi Freed akhirnya dihentikan pada Juni lalu.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/09/30/072200115/jangan.terlalu.berharap.freed.datang.lagi.ke.indonesia.

Leave a Reply