Giovinazzi Juara, Sean Gelael Finis Ke-16 Pada Balapan Pertama GP2 Malaysia

SEPANG, KOMPAS.com – Pebalap Prema Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, Antonio Giovinazzi, keluar sebagai pemenang balapan pertama (feature race) GP2 Malaysia, Sabtu (1/10/2016).

Giovinazzi mengawali balapan di Sirkuit Sepang ini dari posisi start kedua. Dia membalap dengan stabil sepanjang balapan.

Sementara itu, pebalap Indonesia yang memperkuat Pertamina Campos Racing, Sean Gelael, menutup balapan dengan berada di urutan ke-16.

Drama sudah terjadi bahkan sebelum balapan dimulai. Mobil Raffaele Marciello (Russian Time) melintir saat formation lap. Dia bisa bertahan dan tetap ikut balapan.

Sementara itu, rekan satu tim Merciello, Artem Markelov, terhenti di belakang grid. Mobilnya tak bisa bergerak dan dia harus berhenti dari balapan.

Formation lap harus diulang untuk memberi kesempatan petugas lintasan membawa mobil Markelov kembali ke pit.

Hingga formation lap kedua selesai, mobil Markelov masih belum sampai ke pit. Formation lap ketiga dilakukan.

Balapan akhirnya dimulai dengan 29 putaran, dua lap berkurang dari jadwal semula.

Saat start dilakukan, Pierre Gasly (Prema Racing) yang menjadi pole-sitter melakukan kesalahan. Saat lap pertama berakhir, dia berada di urutan ke-11.

Giovinazzi memimpin balapan, diikuti Sergey Sirotkin (ART Grand Prix) dan Marciello. Sirotkin lebih dulu melakukan pit stop wajib pada akhir lap ke-8.

Marciello menyusul pada lap berikutnya, tetapi dia tertahan lebih lama karena ada masalah saat pemasangan ban kiri depan.

Pada akhir lap ke-11, Giovinazzi masuk ke pit. Pebalap Italia tersebut mengerem terlalu awal saat masuk pit lane yang membuatnya kehilangan beberapa detik.

Saat kembali ke lintasan, dia berada tepat di belakang Sirotkin. Kedua pebalap bersaing ketat untuk memperebutkan posisi pertama.

Persaingan ketat juga terjadi antara Gasly dan Mitch Evans (Pertamina Campos Racing) dalam memperebutkan tempat ke-10.

Pada lap ke-22, Evans berhasil melewati Gasly dan naik ke posisi ke-9. Satu lap kemudian, Gasly terlewati Gustav Malja (Rapax). Gasly berada di luar area poin.

Di depan, pada lap ke-25, Sirotkin masih unggul 0,9 detik di depan Giovinazzi.

Keduanya terlibat persaingan ketat pada awal lap ke-27. Giovinazzi membalap dengan brilian dan akhirnya berhasil melewati Sirotkin.

Giovinazzi langsung membuka jarak dan bertahan di posisi pertama hingga balapan berakhir.

Hasil ini mengantarnya naik ke posisi teratas klasemen sementara dengan 189 poin, unggul 11 angka atas Gasly yang hanya mendapatkan empat poin karena menjadi pole-sitter.

Sirotkin finis di urutan kedua, di susul Norman Nato (Racing Engineering) di posisi ketiga.

Para pebalap akan kembali bersaing pada balapan kedua (sprint race) yang berlangsung Minggu (2/10/2016) mulai pukul 11.20 waktu setempat (10.20 WIB).

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2016/10/01/12141411/giovinazzi.juara.sean.gelael.finis.ke-16.pada.balapan.pertama.gp2.malaysia

Leave a Reply