Beli IPhone 7, Orang Indonesia Harus “Nabung” 3 Bulan Tanpa Makan

KOMPAS.com — iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sejatinya sudah dijual dengan harga relatif mahal di Amerika Serikat. Perangkat tersebut dibanderol Rp 8,5 juta hingga Rp 12,5 juta, tergantung seri dan variannya.

Di Asia Tenggara sendiri, seperti Singapura, Apple tidak menerapkan harga yang sama untuk duo iPhone 7 tersebut. Keduanya dijual dengan harga jauh lebih mahal dengan beberapa alasan, seperti biaya impor dan pajak yang ditetapkan tiap negara.

Bagaimana dengan negara-negara Asia Tenggara lain tempat iPhone 7 belum diluncurkan, seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia? Di negara tersebut, iPhone 7 yang beredar adalah varian pasar gelap atau black market (BM). Harganya bisa melonjak lebih tinggi lagi.

iPrice Harga iPhone 7 “BM” di Asia Tenggara

iPrice mencatat, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (5/10/2016), iPhone 7 “BM” bisa dijual dengan harga mulai dari 1.340 dollar AS atau sekitar Rp 17,5 juta di Thailand.

Sementara itu, perangkat tersebut bisa dijual dengan harga 1.023 dollar AS atau sekitar Rp 13,3 juta di Vietnam.

Di Indonesia sendiri, iPhone 7 “BM” dijual dengan harga mulai dari Rp 16,5 juta. Penelusuran KompasTekno, harga iPhone 7 di pusat gadget di Jakarta bahkan sampai menembus harga Rp 25 juta.

Baca: Harga iPhone 7 BM di Jakarta Tembus Rp 25 Juta

iPhone 7 dipasarkan oleh para penjual gelap yang biasanya membeli iPhone 7 dari Singapura dan Hongkong.

Nabung tiga bulan tanpa makan

iPrice kemudian menghitung berapa lama rata-rata orang Indonesia bisa membeli iPhone 7 “BM” itu, dengan membandingkannya pada rata-rata penghasilan masyarakat kelas menengah Indonesia.

Menurut lembaga tersebut, untuk mendapatkan iPhone 7 “BM”, kelas menengah Indonesia, yang memiliki rata-rata gaji sebesar Rp 23.877 per jam, harus bekerja selama 87 hari atau nyaris tiga bulan untuk memiliki iPhone 7.

Asumsinya, orang Indonesia tersebut menabung seluruh penghasilan tiga bulannya itu untuk membeli iPhone 7, tidak dipakai untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, seperti makan, minum, transportasi, atau membayar cicilan.

Harga iPhone 7 “BM” yang mencapai Rp 16,5 juta itu juga disebut iPrice setara dengan 32 karung beras seberat 50 kilogram. Dengan catatan, tidak ada inflasi. Jumlah beras sebanyak itu dikatakan iPrice cukup untuk makan nasi satu orang selama 16 tahun.

Selain itu, harga iPhone 7 di Indonesia juga dikatakan setara dengan satu sepeda motor Honda Beat terbaru tahun 2016, atau biaya sewa tiga bulan apartemen di Jakarta Pusat.
Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/05/19110027/beli.iphone.7.orang.indonesia.harus.nabung.3.bulan.tanpa.makan

Leave a Reply