Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Pedasnya Bikin Nangis

KUTA, KOMPAS.com – Bagi pecinta kuliner pedas, bebek atau ayam betutu adalah makanan khas Bali yang tak boleh Anda lewatkan. Salah satu daerah yang terkenal akan kuliner betutu adalah Gilimanuk.

Betutu pada dasarnya adalah hidangan bebek atau ayam yang di-ungkep dengan bumbu dapur seperti jahe, lengkuas, kunyit, kencur, bawang, daun jeruk, dan yang paling utama adalah cabai rawit. Kerap disebut sebagai bumbu genep, bumbu dasar masakan Bali.

Cabai rawit memegang peranan penting pada ayam atau bebek betutu. Makanan ini memang harus bercita rasa pedas. Kalau tidak pedas, bukan betutu namanya.

Setelah di-ungkep dengan air, minyak kelapa, dan bumbu dapur, ayam atau bebek betutu kemudian dimasak dengan api kecil selama berjam-jam. Ini dilakukan agar semua bumbu menyerap dengan sempurna. Usai proses memasak, ayam atau bebek betutu disajikan dengan sambal matah dan plecing kangkung. Sudah terbayang kelezatannya?

Salah satu restoran yang terkenal akan masakan betutu adalah restoran Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Restoran ini memiliki enam cabang di Pulau Dewata, yakni di Jalan Raya Tuban, Jalan Raya Kuta, Jalan Merdeka, Jalan Raya Kediri, Jalan Buluh Indah, dan Jalan Raya Denpasar. Selain itu, ada pula tiga cabang lainnya yang tersebar di Jakarta.

Di restoran Ayam Betutu Gilimanuk, sajian bebek atau ayam betutu disajikan dengan plecing kangkung, sambal matah dan kacang goreng. Ada dua pilihan betutu yakni kuah dan goreng. Namun untuk merasakan rasa yang otentik, KompasTravel merekomendasikan betutu kuah.

Kompas.com/Silvita Agmasari Ayam betutu goreng, salah satu menu khas di restoran Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Namun Anda harus siap mental, karena rasa pedasnya luar biasa. Sajian betutu kuah di rumah makan ini luar biasa pedas. Tak hanya betutu, sambal plecing kangkungnya pun sangat pedas. Namun rasa pedas ini justru bikin nagih, apalagi jika disantap bersama sambal matah. Sambal matah yang terdiri sambal bawang merah, cacahan tomat, dan perasan jeruk nipis. Mantap!

Subjektif KompasTravel, sajian betutu goreng terasa kurang mantap karena bumbunya tak begitu terasa. Harum minyak kelapa justru hilang karena digoreng. Selain hidangan betutu, ada pula menu lainnya khas Bali seperti sate lilit, lawar, dan nasi campur.

Untuk paket satu ekor ayam betutu lengkap dengan pelcing kangkung, kacang goreng, dan sambal matah dibanderol Rp 70.000-an. Anda juga dapat memilih sendiri porsi makanan dari satu ekor, setengah ekor, sampai seperempat ekor.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/05/210500427/ayam.betutu.khas.gilimanuk.pedasnya.bikin.nangis

Leave a Reply