10 Tempat “Instagramable” Di Jogja, Siapkan Kamera Anda

KOMPAS.com – Yogjakarta memiliki aneka tempat yang memiliki nilai sejarah dan budaya Jawa yang kental. Namun tidak hanya itu, Yogyakarta juga menawarkan beragam tempat yang kekinian. Bagi Anda yang suka mengisi feeds Instagram Anda, Yogjakarta tempat yang tepat untuk hal itu.

Dihimpun oleh KompasTravel , berikut10 wisata di Yogyakarta yang instagramable alias cocok dipamerkan di Instagram.

Balai Budaya Sinduharjo

Siapa bilang balai budaya adalah tempat yang biasa-biasa aja? Kedatangan anak-anak muda ke tempat ini menarik perhatian tersendiri. Biasanya anak muda senang be-selfie ataupun berfoto bersama di depan sebuah rumah panggung.

Tidak hanya rumah panggung tersebut, di Balai Budaya Sinduharjo terdapat juga aneka kegiatan. Kegiatan tersebut seperti pemutaran film, pertunjukan, dan juga pertukaran budaya. Apabila Anda tertarik, Anda bisa datang ke Jalan Pringgondani, Kecamatan Sleman, Jogjakarta.

Latar Centini Tembi

Tempat ini menyimpan cantiknya budaya Yogjakarta dan Indonesia. Setiap bulannya terdapat pertunjukan tarian dari berbagai daerah di Indonesia serta aneka pertunjukan lainnya. Salah satuspot foto di tempat ini adalah rumah adat.

Banyak anak muda yang berfoto di depan rumah adat yang juga memiliki latang belakang yang asri. Anda bisa mengunjungi Latar Centini Tembi di Jalan Parangtritis Km 8.4, Desa Tembi, Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Bantul, yogjakarta.

Pura Vaikuntha Vyomantara

Pura ini terletak di komplek pangkalan TNI AU Adi Sucipto Janti, Sleman. Pura ini terbuka untuk umat Hindu Dharma karena memang merupakan tempat beribadah.

Walau begitu, tempat ini tidak luput dari kunjungan wisatawan. Lokasi depan pura sering menjadi tempat berfoto bagi remaja kekinian.

Jembatan Sesek

Siapa bilang kali tidak bisa menjadi tempat berfoto yang keren? Jembatan Sesek adalah salah satu buktinya. Jembatan ini yang menyambungkan Bantul dengan Kulonprogo. Walaupun hanya lembaran kayu yang menyusun, jembatan ini memiliki pesona tersendiri.

Biasanya banyak orang yang berfoto dengan pose yang menampikan panjangnya jembatan. Untuk masuk dan melewati jembatan ini Anda harus membayar Rp 2.000 sebagai biaya perawatan jembatan.

Pesanggerahan Taman Siswa

Tempat yang satu ini terletak di lereng Gunung Merapi dan malah memiliki kesan yang angker. Namun tidak mematahkan niat wisatawan untuk berkunjung. Banyak anak muda memilih mengabadikan diri mereka di tempat ini. Bangunan peninggalan Belanda ini terletak di Kaliurang, Yogjakarta.

Di sini Anda bisa mendapatkan spot foto yang berbeda dari orang biasa berkunjung ke Yogyakarta. Bangunan yang terlihat tua didukung dengan daun-daun yang jatuh ke tanah memberikan “kekuatan” pada foto Anda.

Landasan Pacu Parangtritis

Siapa yang menyangka landasan pacu memiliki panjang 400 meter ini memiliki keistimewaan tersendiri. Anak-anak muda tidak akan melewati tempat ini untuk berfoto dengan riangnya. Seorang penulis serta youtuber Indonesia, Arief Muhammad, misalnya pernah melakukan foto pre wedding di landasan pacu ini.

Karena letaknya yang berada di pinggir pantai, landasan pacu ini memiliki keindahan ketika digunakan untuk berfoto. Untuk Anda yang ingin berkunjung, akan lebih bagus untuk datang ketika siang dan sore hari. Anda akan dikenai biaya Rp 5.000 per orang untuk masuk ke landasan pacu ini.

Kawasan Kotagede

Apabila Anda pecinta foto-foto bergaya kuno dengan suasana background yang berkesan jadul, Kotagede adalah tempat yang tepat. Daerah yang merupakan salah satu aset Yogyakarta ini masih melestarikan bangunan-bangunan mereka yang sudah tua.

Banyak sekali pelancong yang datang ke kawasan ini untuk berfoto-foto. Terdapat lebih dari 100 bangunan yang terdapat di daerah ini yang juga pastinya memiliki nilai sejarah yang berbeda-beda.

KOMPAS.com / WIJAYA KUSUMA Para remaja selfie menggunakan tongsis dengan latar belakang hamparan bunga eceng gondok di Karangasem, Palbapang, Kabupaten Bantul, Selasa (15/12/2015).

Kebun Eceng Gondok

Kebun ini ditumbuhi banyak sekali bunga dari tamanan eceng gondok yang memenuhi sawah milik Karsono. Tidak menyangka akan menarik perhatian masyarakat, kebun eceng gondok tersebut kerap didatangi juga oleh wisatawan. Hamparan bunga tersbut memancing hasrat wisatawan untuk berfoto-foto di kebun tersebut.

Apabila Anda ingin berkunjung, Anda tidak perlu membayar tiket masuk melainkan membayar Rp 2.000 untuk biaya parkir motor. Apabila Anda tertarik, Anda bisa datang ke Dusun Karangasem, Palbapang, Bantul.

KOMPAS.COM/ERIS EKA JAYA Pengunjung menjajal sensasi berfoto di menara pandang di atas pohon (spot foto), Kamis (8/10/2015). Terlihat dalam latar foto itu Waduk Sermo, perbukitan Menoreh, serta Gunung Susukan dan Gunung Ijo.

Kalibiru

Tempat yang satu ini memang makin digemari oleh banyak orang. Terletak di Kalibiru, Hargowillis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogjakarta. Perjalanan menuju puncak memang tidak mudah. Namun Anda tidak akan menyesal ketika tiba di atas.

Pemandangan dari atas bisa Anda abadikan dengan spektakuler. Untuk masuk ke area tersebut Anda hanya cukup membayar Rp 10.000. Dari tempat masuk, Anda masih harus ke puncak sekitar 500 meter lagi. Tertarik?

Kompas/Ferganata Indra Riatmoko Gunung Api Purba Nglanggeran yang aktif sekitar 70 juta tahun lalu menjulang dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Kamis (25/4). Gunung tersebut dikembangkan oleh masyarakat setempat menjadi salah satu obyek wisata alternatif yang menawarkan keunikan bentang alam yang tersusun dari material vulkanik tua.

Gunung Api Purba

Foto-foto di Instagram tidak hanya harus diisi oleh foto selfie atau foto diri sendiri. Foto pemandangan yang satu ini juga bisa menjadi referensi untuk mengisi feed Instagram Anda. Apabila Anda berkunjung ke Yogyakarta tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggerang.

Namun jangan khawatir karena gunung ini sudah tidak aktif lagi. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan gunung yang berbentuk bongkahan batu membentang 800 meter dengan tinggi 300 meter.

***

Ikuti kuis “Take Me Anywhere 2” yang diadakan KompasTravel bersama OPPO dan buktikan sendiri keseruan beraktivitas di Yogyakarta. Ikuti periode keempat “Quiz on Article” dengan klik artikel berikut: Kesempatan Terakhir Dapatkan Liburan Gratis bersama “Take Me Anywhere 2”

Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesepatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F1s.

 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/29/121920627/10.tempat.instagramable.di.jogja.siapkan.kamera.anda

Leave a Reply